Tips Aman Menggunakan Internet Banking

Halo pada kali ini saya akan menjelaskan hal yang sangat penting dalam dunia banking yaitu tips aman menggunakan internet banking. Internet banking memang pada zaman sekarang ini sudah bukan menjadi hal yang asing lagi, bahkan anak-anak muda ataupun remaja juga sudah banyak menggunakan internet banking ini untuk keperluan bisnis mereka.

Pada zaman sekarang ini selain kartu ATM yang rawan kejahatan, ternyata dengan menggunakan internet banking juga cukup rawan dengan kejahatan. Kejahatan yang biasa dilakukan pada internet banking adalah seperti mencari tau username dan password untuk login kedalam akun internet banking korban dan mulai melakukan kejahatan seperti melakukan transfer sejumlah uang tanpa diketahui oleh sak pemilik rekening.

Lalu ada juga yang bernama Carding. Carding ini merupakan kejahatan yang melakukan sebuah transaksi online dengan menggunakan rekening orang lain. Bahkan anda juga bisa menjadi korban dari carding ini, maka daripada itu kita harus mengetahui tips aman menggunakan internet banking agar rekening anda semua bisa tetap aman dari kejahatan.

Tips ini berguna untuk anda yang ingin menggunakan internet banking dengan aman baik itu dengan menggunakan handphone ataupun dengan menggunakan komputer/pc.  Dalam menggunakan keduanya, kita harus tetap bisa membuat akun internet banking kita tetap aman dari berbagai tindak kejahatan. Nah berikut ini merupakan beberapa tips aman menggunakan internet banking pada handphone (Android, Blackberry, atau iOS) dan pada pc/komputer.

tips aman menggunakan internet banking 1

Tips Aman Menggunakan Internet Banking

  1. Tips pertama yang harus anda lakukan agar akun internet banking anda tetap aman adalah jangan pernah beritahukan username dan password internet banking anda kepada orang lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari tindak kejahatan seseorang yang ingin menguras habis semua isi rekening anda melalui internet banking.
  2. Lalu tips yang kedua adalah gantilah password internet banking anda secara rutin dan teratur, misalnya saja setiap 2 minggu sekali atau satu bulan sekali. Hal ini dilakukan agar jika ada seseorang yang sudah mengetahui password anda, maka orang itu tidak akan bisa login kembali karena password sudah anda ganti.
  3. Jika anda menemukan aktivitas tidak wajar pada rekening anda ketika sedang mengecek riwayat melalui internet banking, harap segera ganti password anda dan juga sesegera mungkin untuk melaporkannya kepada pihak bank.
  4. Selalu gunakan gadget ataupun komputer milik pribadi ketika melakukan transaksi melalui internet banking. Jangan pernah menggunaka gadget orang lain untuk bertransaksi, palagi menggunakan gadget orang yang belum anda kenal. Karena jika pada gadget/komputer yang anda pinjam untuk melakukan transaksi internet banking terdapat aplikasi key logger, maka orang tersebut bisa dengan mudah mengetahui username dan password internet banking anda.
  5. Pasanglah antivirus pada komputer dan gadget anda yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi internet banking. Karena bisa saja ada virus pada komputer atau gadget yang dapat mencuri semua data anda.

2 Comments

Add a Comment